Program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif, Dukung Keberhasilan Desa Maslahat

Diskusi Pelaksana Program PADI dengan Kepala Dinas Pertanian dan Dewan Riset Daerah Kabupaten Pasuruan. Sumber gambar: drd.pasuruankab.go.id

Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pasuruan – Keberadaan Program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif oleh Averroes Community bersama CSR Sampoerna Pasuruan, menurut Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pasuruan dapat menunjang keberhasilan Program Inovasi Daerah Kabupaten Pasuruan, Program Desa Maslahat. “Program ini dijalankan dengan adanya sinergitas terhadap pembangunan pemerintah daerah kabupaten pasuruan. Berdasar itu, Program Desa Maslahat Pasuruan dapat ditunjang dengan program ini,” Ungkap Nur Holis selaku Wakil Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pasuruan saat Diskusi bersama Pelaksana Program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif di Kantor DRD, Pemerintah Kabupaten Pasuruan (13/01/2016). “Desa Maslahat adalah sebuah gerakan kata Bupati Irsyad Yusuf, sehingga pasti tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah, tetapi juga peran aktif partisipasi masyarakat.” Tambahnya.

Edi Purwanto mengatakan, bahwa Desa yang didampingi dalam program pemberdayaan ini, merupakan Desa Maslahat. “Desa yang kami pilih adalah 3 Desa Maslahat, yakni Desa Wonosari Kecamatan Gondang Wetan, Desa Kalipucang kecamatan Tutur, dan Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen. Harapannya, program ini bersinergi dengan kegiatan pembangunan di kabupaten Pasuruan,” Ujar Program Manager  Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif tersebut. “Kami juga sudah melakukan pendataan potensi dan aset yang dimiliki desa-desa tersebut bersama masyarakat setempat. Kemudian mengajak masyarakat untuk menganalisis kebutuhan, sebab beberapa bantuan seringkali tidak sesuai kebutuhan masyarakat. Selain itu, program melakukan pedidikan bernama Sekolah Inovasi Tani Inovatif (SITI) dan akan membekali petani bagaimana menganalisis potensi pertanian, melakukan pengelolaan ekonomi keluarga, marketing, dan lain-lain,” imbuhnya.

Harapan Nur Holis, Pelaksanaan dan keberhasilan program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif ini, akan menjadi salah satu model dalam program CSR yang bermanaaf bagi masyarakat daerah sekaligus menjadi sebuah motivasi bagi pemerintah daerah untuk melakukan perencanaan dan implementasi program yang lebih baik untuk masyarakat. “Program ini bisa menjadi model dalam perencanaan program-program pemerintah daerah menjadi lebih baik.” Pungkas Pria yang juga Dosen di Universitas Brawijaya Malang tersebut. (drd.pasuruankab.go.id)

Sumber: http://drd.pasuruankab.go.id/content-645-program-pendidikan-agribisnis-desa-inovatif-dukung-keberhasilan-desa-maslahat.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *