Peserta Program PADI “Dikarantina” dan Belajar Langsung ke Pujon Kidul

Serius, Para Peserta Pelatihan Manajemen Desa Wisata Sedang Berdiskusi Mengenai Perencanaan Paket Wisata Desa

“Maka, untuk memulai mewujudkan mimpi Desa Wisata adalah menjaga mimpi tersebut agar terus terpatri dalam benak kita.”

Kalimat dari Kepala Desa Pujon Kidul, Udik Hartoko tersebut membuka sesi Studi Banding dan Belajar Mengelola Desa Wisata di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Terhitung sejak Kamis (15 Februari 2017) hingga Sabtu (17 Februari 2017), perwakilan dari tiap desa Program Padi “dikarantina” untuk belajar pengelolaan wisata desa. Sebelum “diangkut” ke Desa Pujon Kidul, peserta diberikan materi teoretis seputar penyusunan icon, branding dan manajemen Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) oleh Bagyo Prasasti Prasetyo (Direktur Batu Wisata Resources) dan Andi Yuwono (Ketua Asosiasi Desa Wisata) di PPK Sampoerna, Sukorejo, Pasuruan.

“Ini merupakan sebuah praktik belajar yang dirancang se-ideal mungkin. Belajar teori dahulu sekaligus membuka pikiran, kemudian diajak langsung melihat praktik dari pengelolaan desa wisata,” kata Edi Purwanto, Program Manager Program Padi.

Apa yang diungkapkan oleh Edi tersebut tidak terlepas dari kebutuhan pengembangan wisata di desa dampingan program. Hingga hari ini, enam desa mulai merancang pengembangan wisata agar nantinya dapat menjadi brand utama desa. Hal yang kemudian menjadikan pelatihan ini diikuti oleh peserta dari berbagai stakeholder di desa.

Mujtabah, penanggung jawab kegiatan mengungkapkan bahwa ada tiga elemen yang menjadi peserta pelatihan. “Ada perwakilan pemerintah desa, BUM Desa dan Pokdarwis. Ketiganya belajar bareng dengan Kades, ketua BUM Desa dan tokoh Pokdarwis di Desa Pujon Kidul,” terangnya.

Perihal kepesertaan yang beragam ini bertujuan agar nantinya dari ketiga elemen tersebut mengetahui tugas dan fungsi masing-masing untuk mengembangkan wisata.

Selain forum diskusi, direncanakan akan juga melaksanakan kunjungan ke beberapa titik seperti KRPL, Toga, pengelolaan sapi perah dan Cafe Sawah yang merupakan icon utama Desa Wisata Pujon Kidul. [Fahrul]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *