Ihwan: Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif Kembangkan SDM Bidang Pertanian di Pasuruan

Sosialisasi Program PADI. Sumber gambar: forumdemokrasi.com

FDN, Pasuruan – Potensi sektor pertanian Kabupaten Pasuruan sangat tinggi. Adanya Program Pendidikan Agrinisnis Desa Inovatif (PADI) mendapatkan apresiasi positif dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan sebagai program peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang Pertanian.

“Mangga terbaik di Indonesia di Jawa Timur, ya di Pasuruan dan sudah ditetapkan Kementerian Pertanian RI, dan masih banyak produk-produk pertanian unggulan dan hanya ada di Pasuruan. Semua komoditas bisa berkembang di Pasuruan. Artinya, sumber daya alam (SDA) kita punya, siap. Nah, sekarang, pengembangan sumber daya manusianya, ya termasuk program ini,” ujar Ihwan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan saat mewakili Bupati Pasuruan dalam membuka sekaligus menjadi Pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif (PADI) di Gedung Serbaguna (GSG) Pemerintah Kabupaten Pasuruan (18/01/2017).

Ihwan juga mengatakan, Bupati Pasuruan dan pemerintah daerah berterima kasih atas partisipasi masyarakat melalui program ini dalam mendukung pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Pasuruan.

“Merasa bangga dan terima kasih. Karena pembangunan tidak bisa hanya dikerjakan pemerintah. Perlu adanya kerja sama 4 sektor pembangunan, pemerintah, swasta, perguruan tinggi, dan masyarakat,” imbuhnya.

“Program ini berkaitan dengan program-program pemerintah daerah (Desa Maslahat, red) dan visi misi Bupati Pasuruan di tahun kedua adalah ekonomi kerakyatan dan pertanian. Di Pasuruan, sektor pertanian berpengaruh terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto, red) kedua setelah jasa,” pungkasnya.

Kegiatan Program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif akan menyelenggrakan Sekolah Inovasi Tani Indonesia (SITI) hingga Bulan Juli mendatang. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri kelompok tani dan pemerintahan desa dari tiga Desa Maslahat, yakni Desa Jatiarjo (Kecamatan Prigen), Desa Wonosari (Kecamatan Gondangwetan), dan Desa Kalipucang (Kecamatan Tutur).

Selain itu, camat dan beberapa dinas terkait serta stakeholder pertanian ikut menghadiri acara tersebut. [ForumDemokrasi.com]

Sumber: http://www.forumdemokrasi.com/ihwan-pendidikan-agribisnis-desa-inovatif-kembangkan-sdm-bidang-pertanian-di-pasuruan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *