Festival Nggoreng Kopi Akhiri Sarasehan Tani

JATIMTIMES, PASURUAN – Festival nggoreng dan ngudek kopi menjadi pwmungkas Sarasehan Tani Nasional di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Sarasehan ini diselenggarakan komunitas Averroes bekerjasama dengan Sampoerna untuk Indonesia, Pemkab Pasuruan dan beberapa mitra strategis lainnya sejak Jumat lalu.

Festival ini diawalii dengan memilih biji kopi, menggoreng kopi hingga menumbuk kopi dan menyajikannya secara baik dan benar.

Festival ini juga sebagai upaya mempertahankan tradisi masyarakat dan peresmian Desa Jatiarjo sebagai Desa Wisata Kampung Kopi Jatiarjo.

Barisan Ibu-Ibu Ahli Kopi dari Desa Jatiarjo

Festival nggoreng dan ngudek kopi ini dilakukan ibu-ibu warga desa setempat. Secara cekatan , mereka memilih dan memilah biji kopi dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang sudah disiapkan di atas tungku.

Setelah itu, mereka memindahkan kopinya ke lumpang untuk menumbuk kopi hingga siap seduh untuk disajikan.

Kepala Desa Jatiarjo Sareh Rudianto menyatakan komitmennya untuk pengembangan desa wisata kampung kopi agar semakin dikenal masyarakat. Diantaranya adalah paket wisata edukasi dalam pembuatan kopi dari kebun hingga siap disajikan.

“Inti dari desa wisata ini adalah menampung potensi masyarakat agar bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Ini merupakan wadah yang harus dimanfaatkan secara maksimal,” katanya.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengaku bangga atas kreatifitas warganya. Menurutnya, kebanggaan tersebut dilatari adanya semangat kegotongroyongan bagaimana melihat dan mendayagunakan petani dan pertanian melibatkan semua pihak mulai kelompok tani hingga mahasiswa.

“Potensi alam yang melimpah di desa harus dapat dimanfaatkan hingga menjadi sumber penghidupan. Desa Jatiarjo, potensi alamnya berupa air dan tanah (lahan) luar biasa. Nah, tinggal bagaimana semua mendapatkan manfaat,” kata Bupati Irsyad.

Sementara itu, Arif Triastika, Manager Regional Relation and CSR PT HM Sampoerna, mengapresiasi kegiatan sarasehan yang telah berusaha untuk mencari ruang solusi dan ide-ide kreatif dalam pengembangan dunia pertanian. Ia juga menyatakan terima kasih karena dilibatkan dalam mencari potensi, inovasi-inovasi baru untuk perkembangan dunia pertanian.

Sumber: http://www.jatimtimes.com/baca/156146/20170730/182156/festival-nggoreng-kopi-akhiri-sarasehan-tani/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *