Festival Mangga Klonal 21: Kenalkan Komoditas Unggul Kabupaten Pasuruan

Pasuruan-Festival Mangga Klonal 21 resmi diselenggarakan pada hari sabtu kemarin (27/10) di Desa Oro-Oro Ombo Kulon, Rembang, Kabupaten Pasuruan. Festival ini diselenggarakan selama dua hari (27-28) dengan diisi oleh 13 stand bazar yang terdiri dari kelompok petani manga dan Kelompok Wanita Tani. Mereka menampilkan berbagai produk Olahan Serba Mangga (OSERMA) seperti dodol mangga, keripik mangga, sirup mangga, dan bakpao manga. Beberapa rangkaian kegiatan seru yang dilaksanakan dalam festival ini adalah wisata edukasi ke kebun mangga dan hiburan rakyat.

Acara yang diselenggakan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Pasuruan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Mangga Klonal 21 atau yang akrab dikenal mangga alpukat adalah varietas mangga asli Kabupaten Pasuruan.

Agung Mariono selaku Kepala Dinas Pariwisata dalam sambutannya mengatakan bahwa mangga alpukat merupakan komoditas yang dapat meningkatkan daya saing daerah.

“Kegiatan siang hari ini merupakan manifestasi dari fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten Pasuruan di tahun kelima RPJMD 2013-2018, yaitu pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif,” Ujarnya pada saat memberikan sambutan pembuka festival.

Ia kemudian menambahkan bahwa Mangga Klonal 21 merupakan komoditas unggul yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi daya saing daerah.

Sejalan dengan itu, Hariono selaku Kepala Desa Oro-Oro Ombo Kulon menuturkan bahwa festival ini merupakan ajang promosi Mangga Klonal 21 sebagai produk unggulan kabupaten yang terletak di desanya .

“Tujuan festival ini kan mengenalkan ke masyarakat luas bahwa mangga alpukat ini asli dari Pasuruan,” tegasnya di sela sela acara.

Sebagaimana diketahui, Desa Oro-Oro Ombokulon merupakan salah satu desa yang akan dijadikan sebagai desa dampingan Komunitas Averroes dalam Program Pendidikan Agrobisnis dan Agrowisata Desa Inovatif yang diselenggarakan berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Sampoerna untuk Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *