Desa Podokoyo Tingkatkan Kualitas Kelembagaan dan Manajemen Pokdarwis

Pasuruan- Komunitas Averroes yang bekerjasama dengan Sampoerna untuk Indonesia kembali menggelar kelas Pendidikan Agrobisnis dan Agrowisata Desa Inovatif (PADI) 2018-2019 di Desa Podokoyo Kecamatan Tosari pada hari selasa minggu lalu (4/12). Dengan tema Penguatan Kelembagaan dan Manajemen Pokdarwis peserta kelas diarahkan untuk memiliki pengetahuan tentang prosedur dan strategi membuat kelembagaan yang dapat mengorganisir kegiatan pertanian dan wisata di Desa Podokoyo. Kegiatan dilaksankan di Balai Desa Podokoyo dengan didatangi 30 peserta.

Adapun sebagai pemateri adalah Adi Hasto yang merupakan bendahara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Provinsi Jawa Timur. Ia menyebutkan bahwa untuk menguatkan aspek kelembagaan desa, masyarakat dan pemerintah perlu membentuk unsur-unsur administratif.

“Salah satu contohnya adanya dokumen administrasi yg tertata. Mulai dari Visi Misi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) organisasi. Dengan adanya dokumen-dokumen tersebut Pokdarwis punya pedoman untuk bergerak, sehingga bukan hanya untuk gaya-gayaan dan mencari keuntungan belaka,” ujarnya dalam sesi materi.

Hasto melanjutkan agar setiap Pokdarwis dapat memegang teguh Sapta Pesona. Melalui hal ini desa wisata akan dapat berkembang secara berkelanjutan.

Selain itu, Supriono Ketua Pokdarwis juga menambahkan bahwa yang telah dilakukan Pokdarwis selama melakukan banyak kegiatan untuk menunjang wisata desa. Ia mengungkapkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

“ini sudah pernah gotong royong bersih bersih desa, sampai pernah bertengkar dengan warga pemilik pupuk kotoran ayam yang menaruh pupuknya sembarangan,” ungkapnya.

Ia berharap masyarakat segera sadar bahwa penting untuk menjaga kelestarian lingkungan di desanya. Hal ini dikarenakan selain untuk menjaga keseimbangan ekosistem, juga penting untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata di Desa Podokoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *