Bupati Irsyad Buka Sarasehan Tani Nasional 2017

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menghadiri Sarasehan Tani Nasional yang digagas oleh Komunitas Averroes, di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Jumat (28/07/2017) malam.

Dalam sarasehan tersebut, Bupati Irsyad disambut meriah oleh ratusan warga yang telah menunggunya sejak sore. Mereka ingin  menyaksikan secara langsung sosok kepala daerah yang akan berbicara banyak tentang pertanian.

“Kabupaten Pasuruan ini khan salah satu daerah yang kaya akan hasil pertanian, jadi kami ingin mendengar secara seksama apa saja yang akan disampaikan Pak Bupati tentang pertanian,” ungkap Sasmito (45), salah satu warga sekitar.

Bupati Pasruruan saat Membuka Acara Sarasehan Tani

Dalam sambutannya, Irsyad berbicara banyak hal tentang sumber daya pertanian yang dapat menjadi bahan referensi dalam sarasehan. Menurutnya, pertanian akan maju maju apabila selalu ditumbuhkan semangat kegotongroyongan dalam melihat dan mendayagunakan petani dan pertanian.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur karena pertanian di Kabupaten Pasuruan menjadi tolak ukur di Jawa Timur, bahkan produktifitas kita pun sangat tinggi melampaui target propinsi,” kata Irsyad.

Acara sarasehan yang digelar di Desa Jatiarjo dikatakan telah memberikan penghargaan terhadap masyarakat Pasuruan secara luas, teruama mengenalkan Kabupaten Pasuruan di kancah nasional.

“Saya merasa bangga berada di tengah-tengah acara sarasehan ini, karena semua terlibat,” ungkap Irsyad Yusuf.

Gus Irsyad, panggilan akrabnya, kemudian melanjutkan jika Desa Jatiarjo merupakan satu dari 24 Desa yang ditetapkan dalam bagian upaya pengembangan Desa Maslahat selama ini. Menurutnya, ada dua hal mendasar terkait pertanian yang harus dikelola dengan baik, yakni adanya alam dan manusia. Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa bagaimana potensi alam yang melimpah dalam sebuah tempat akan dapat benar-benar dimanfaatkan hingga benar-benar menjadi sumber penghidupan yang terus menerus dapat dirasakan oleh semuanya.

“Seperti Desa Jatiarjo, potensi alamnya berupa air dan tanah (lahan) luar biasa. Nah, tinggal bagaimana semua mendapatkan manfaat,” urainya.

Lebih lanjut Irsyad menambahkan, Pemerintah daerah saat ini tetap mendorong kemampuan masyarakat dengan melibatkan seluruh kekuatan atau komponen sosial yang ada. Hal ini diantaranya dengan upaya pelibatan pihak swasta bersinergi dengan kekuatan potensi di masyarakat.

“Pemerintah tentunya, akan mendorong semua potensi. Sekarang tergantung masyarakatnya. pemuda tokoh masyarakat. Tak lupa ini kepala desanya,” singkatnya. (emil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *