Bromo Fun Tracking Resmi di Buka

Tosari- Jalur baru pendakian Gunung Bromo melalui jalur Desa Podokoyo Kecamatan Tosari resmi di buka pagi ini (27/1). Pembukaan jalur ini diresmikan secara langsung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Rangkaian pembukaan diisi dengan acara kebudayaan Suku Tengger, seperti seni Tari Reog dan Gamelan. Puluhan wisatawan juga turut hadir memeriahkan acara peresmian ini.

Acara peresmian dimulai pada pukul 9.00di Balai Desa Podokoyo dengan dibuka oleh pembacaan doa tiga agama, yakni Hindu, Islam dan Kristen. Setelah itu dilanjut dengan sambutan-sambutan hingga peresmian oleh Dinas Pariwisata.

Pembacaan doa tiga agama ini telah menjadi ciri khas dari Desa Podokoyo yang penuh dengan keberagaman dengan disemai oleh kerukunan.

Edi Priyanto  selaku Kepala Desa menuturkan bahwa Desa Podokoyo sangat kaya akan budaya. Hal ini tentu akan menarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke desa ini.

” Selain pemandangan, disini para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan perkebunan dan pertanian, aktivitas masyarakat dari penceharian hingga budayanya.” Tutur Edi dalam sambutannya.

Selain itu, Edi juga menuturkan bahwa jalur yang dibuka ini penuh dengan sejarah dan budaya. Bahwa jalur pembukaan ini telah dibuka sejak Zaman Belanda karena pemandangannya yang indah.

Selanjutnya, Hariagung selaku perwakilan dari Dinas Pariwisata  mendukung adanya kegiatan peresmian jalur pendakian dan Kelompok Sadar Wisata Desa Podokoyo.

“Saya seneng sekali dengan adanya Desa Wisata Podokoyo ini, ada wisata budayanya dan pemandangan alamnya. Jadi nanti bisa bikin event-event yang mempromosikan Desa Wisata, seperti perlombaan pemuda yang nantinya bisa bekerjasama dengan Dinas Pariwisata”

Setelah menyampaikan sambutannya Hariagung selanjutnya menyerahkan SK Pokdarwis dan meresmikan jalur wisata dengan deklarasi Deklarasi Desa Wisata Podokoyo (uv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *