BAGI PESERTA SARASEHAN TANI, BERIKUT DESKRIPSI RUTE PERJALANAN MENUJU DESA JATIARJO

Bagi Peserta Sarasehan Tani, Berikut Deskripsi Rute Perjalanan menuju Desa Jatiarjo

Bagi masyarakat secara luas, nama Desa Jatiarjo barangkali merupakan hal yang asing didengar. Letaknya tepat berada di bawah lereng gunung Arjuno, berposisi sebagai desa terakhir atau paling pucuk. Wajar jika kemudian belum banyak orang mengetahui secara persis lokasi pelaksanaan Sarasehan Tani. Terkecuali, bagi orang yang pernah berkunjung ke Wisata Taman Safari Prigen, sedikit banyak akan mengetahui letak Desa Jatiarjo. Desa ini merupakan desa terakhir sebelum memasuki gerbang pintu masuk Taman Safari Prigen.

Jadi, bagi peserta yang masih bingung dengan lokasi pelaksanaan Sarasehan Tani, berikut akan kami terangkan sekilas bagaimana akses perjalanan agar dapat sampai di lokasi acara Sarasehan Tani. Tapi, jika diterangkan melalui pendeskripsian, barangkali akan terkesan membosankan.

Baik, mari kita berteaterikal seperti forum dialog interaktif saja.

Pak, saya peserta dari luar Jawa Timur, dan belum mengetahui sama sekali bagaimana akses perjalanan untuk sampai di lokasi, adakah rute perjalanan yang dapat diinformasikan?

Oke bapak, jadi begini. Sebelumnya bapak harus menentukan dulu apakah akan naik membawa kendaraan pribadi atau naik bus?

Saya membawa kendaraan pribadi pak.

Baik pak, sebelumnya saya informasikan alamat detailnya lokasi Sarasehan Tani berada di Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Prigen, Desa Jatiarjo, Dusun Tonggowa. Jika bapak datang dari arah jalur utara, maka akses yang harus bapak lewati Jateng – Tuban – Lamongan – Mojokerto – Pasuruan. Kalau lewat lingkar jalur selatan, Jateng – Ngawi – Madiun – Nganjuk – Jombang – Mojokerto – Pasuruan. Selanjutnya kalau bapak sudah memasuki daerah Pasuruan, bapak langsung menuju daerah kecamatan prigen, kemudian mencari gang pertigaan Pasar Palang Sukorejo. Jika sudah masuk di gang Pasar Palang, bapak tinggal lurus saja terus mengikuti jalur sampai ketemu Desa Jatiarjo.

Baik pak, terimakasih atas informasinya. Lalu pak, ada teman saya yang juga diterima sebagai peserta Sarasehan Tani, tapi dia berencana naik kendaraan umum. Nah, itu bagaiamana pak?

Oh, begitu. Jadi untuk peserta yang berencana naik kendaraan umum, agar tidak bingung naik kendaraan umum yang bagaimana, akan saya jelaskan sekaligus.

Pertama, bagi peserta yang akan naik angkutan bus umum, berasal darimanapun, ada beberapa titik terminal besar yang harus dituju; Terminal Arjosari Malang dan Terminal Bungurasih Surabaya. Mengapa harus dua terminal ini? Sebab, dua terminal ini yang melayani rute perjalanan melewati Gang Pasar Palang, Sukorejo, Kab. Pasuruan. Selain itu,  peserta juga tak perlu khawatir kehabisan angkutan bus umum, di dua terminal ini terdapat banyak model dan jasa angkutan bus umum yang tersedia di setiap waktu.

Lalu kemudian, jika sudah naik bus angkutan umum, baik dari arah terminal Arjosari Malang ataupun terminal Bungurasih Surabaya, jangan lupa bilang ke Kernet bus untuk turun di Pasar Palang, Sukorejo Kab. Pasuruan. Kalau sudah turun di Pasar Palang Sukorejo, dari situ bisa menggunakan jasa ojek untuk menghantarkan ke Desa Jatiarjo.

Kemudian pak, lantas bagaimana jika ada yang menggunakan Kereta Api? Baik, begini pak. Dekat dengan Pasar Palang, berjarak sekitar 100 meter terdapat stasiun Sukorejo. Stasiun ini kecil memang, namun untuk peserta yang berencana naik Kereta Api dapat turun di stasiun kecil ini. Selanjutnya, kalau sudah turun di stasiun Sukorejo, jalan kaki sedikit menuju arah Pasar Palang. Setelah sampai di Pasar Palang dapat menggunakan jasa ojek untuk menghantarkan ke Desa Jatiarjo.

Oh iya pak, barangkali ada peserta luar pulau yang menggunakan pesawat, itu bagaimana? Whehehehe, keren nih ada petani yang datang pakai pesawat. Kalau ada yang pakai pesawat, ada dua pilihan bandara yang dapat dijadikan tujuan. Pertama, jika masih satu pulau dapat turun di bandara Abdurrahman Saleh Malang. Setelah sampai di bandara, dapat menggunakan travel untuk bisa sampai di lokasi acara Sarasehan Tani. Tapi jika tidak menggunakan travel, berarti harus menggunakan angkutan umum untuk ke terminal Arjosari. Jika sudah di Terminal Arjosari, sama halnya keterangan di atas yang menggunakan bus angkutan umum. Kedua, jika berangkat dari luar pulau jawa, bisa turun di Bandara Juanda Sidoarjo. Kemudian menggunakan jasa travel untuk bisa sampai langsung di acara Sarasehan Tani. Jika tidak menggunakan travel, maka harus naik angkutan umum untuk ke terminal Bungurasih Surabaya, setelah itu naik bus angkutan umum ke arah Pasuruan.

Di atas merupakan sekilas gambaran rute perjalanan yang diperuntukkan bagi peserta yang akan hadir di acara Sarasehan Tani. Jika masih ada hal yang janggal atau membingungkan, dapat berkomunikasi langsung dengan panitia terkait.

 

Terimakasih. Kami tunggu kehadiranya.

 

Sumber: sarasehantani.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *