Averroes Serahkan Hasil Penelitian Kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan

Sutomo (Ketua Averroes) Menyerahkan Hasil Penelitian Pra Program Kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan

Kabupaten Pasuruan menjadi sasaran Program Pendidikan Agrobisnis Desa Inovatif (PADI). Untuk mengawali pelaksanaan program ini, Komunitas Averroes menyelenggarakan sosialisasi yang dihadiri berbagai stakeholder pertanian Kabupaten Pasuruan.

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) kantor pemerintah Kabupaten Pasuruan pada Rabu (18/01/2017), sosialisasi diikuti oleh 72 orang perwakilan kelompok tani dan PKK dari tiga desa di kabupaten Pasuruan. Tiga desa tersebut adalah Wonosari, Kecamatan Gondangwetan, Jatiarjo, Kecamatan Prigen dan Kalipucang, Kecamatan Tutur. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh camat dan para kepala desa.

Ihwan, Kepala Dinas Pertanian yang saat itu mewakili Bupati, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah kabupaten merasa senang dan siap membatu menyukseskan program PADI.

“Kami mencari kaum muda yang aktif seperti ini. Kami akan dukung penuh program PADI,” paparnya.

Sosialisasi PADI dibuka pukul 10.00 dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Selanjutnya sebagai Manajer Program PADI, Edi Purwanto menjelaskan mengapa dan bagaimana program PADI akan dilaksanakan.

Dalam penyampaiannya Edi Purwanto menggarisbawahi bahwa program PADI diarahkan untuk membentuk kemandirian petani.

“Dulu petani berpikirnya kapan petani mendapatkan bantuan, maka sekarang kita ubah bahwa petani mampu menciptakan kemandiriannya sendiri,” tutur Edi.

Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti sosialisasi. Mereka mendapatkan kesempatan bertanya dan berdiskusi seputar program PADI. Tidak hanya dari kelompok tani, para perwakilan dari pemerintah desa pun turut larut berdiskusi dalam kesempatan sosialisasi tersebut.

Acara sosialisasi ditutup dengan penyerahan laporan hasil assessment (penelitian pra-program) oleh Averroes kepada pemerintah Kabupaten Pasuruan. Sebagai gantinya, pemerintah kabupaten secara simbolik menyerahkan peserta PADI kepada pihak Averroes untuk diajak belajar bersama. Diharapkan bahwa hasil penelitian yang dilaksanakan selama satu bulan di tiga desa sasaran tersebut bisa menjadi referensi bagi pemerintah kabupaten untuk menentukan kebijakan pertanian di Kabupaten Pasuruan. [Seno]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *