Ada Pesan dan Harapan Besar pada Bromo Fun Tracking, Apa Saja?

Sambutan Camat Tosari, Kabupaten Pasuruan dalam Acara Launching Bromo Fun Tracking

Bromo Fun Tracking telah dilaunching. Ada harapan besar disematkan, untuk kelanjutan perkembangan wisata dan ekonomi terutama di Desa Podokoyo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Harapan itu salah satunya disampaikan oleh Camat Tosari, Abdul Ghoni saat memyampaikan sambutan dalam acara launching Bromo Fun Tracking, di Balai Desa Podokoyo, Sabtu (27/1/2018).

Ia mencoba meneruskan penilaian, yang menyebutkan Bromo Fun Tracking sebagai cara baru mengemas wisata alam Gunung Bromo dan peningkatan perekonomian Desa Podokoyo.

“Kita sepakat mendukung usaha perekonomian baru, wisata yang dikemas dalam Bromo Fun Tracking. Dengan perekonomian lancar, pemasukan ada, sejahtera,” ungkap Ghoni.

Disebutkan sebelumnya, tahun ini merupakan fokus Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk pembangunan wisata dan ekonomi kreatif, yang dikatakan Ghoni, sebagai arah kebijakan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf di masa lima tahun jabatannya.

Upaya besar untuk pengembangan wisata sebagai bagian peningkatan kesejateraan tersebut, ia harapkan terus dikembangkan dan tidak berhenti hanya sebatas membuka program, karena menurutnya harus ada tindak lanjut.

“Tahun ini (fokus Pemkab Pasuruan) pembangunan wisata dan ekonomi kreatif, nyambung. Harapan kami, setelah dilakukan pembukaan, segera lakukan langkah kegiatan besar. Mumpung sik panas,” imbuhnya disambut tawa hadirin.

Secara sederhana dicontohkan, ada lomba atau event-event, setidaknya berskala kabupaten, yang mendukung konsep pengembangan Bromo Fun Tracking. Hal lainnya, diingatkan juga perlu dipadukan dengan potensi wisata di wilayah Kecamatan Tosari, seperti dikaitkan dengan rest area yang memiliki kolam pancing hingga wisata petik strawberry.

‘Bisa jadi berupa tur wisata dengan kegiatan lebih menyeluruh. Insyaallah Pak Bupati ndukung. Karena ini alami, orisinil. Bayangkan wisata ini sehat, menikmati alam terus bisa ke Bromo. Jadi jangan berhenti disini,” pesannya.

Hal sama juga diungkap oleh perwakilan PT HM Sampoerna, Sarjiono dengan mengungkapkan kegiatan ini harus terus berkelanjutan. Pengembangan potensi wisata sebagaimana tujuan besar program Bromo Fun Tracking harus berlangsung, dengan melibatkan seluruh elemen dan stakeholder.

“Semoga bukan hanya dibuka saja, tapi bagaimana kelanjutannya,” katanya. (**/ono)

Sumber: http://www.wartabromo.com/2018/01/27/ada-pesan-dan-harapan-besar-pada-bromo-fun-tracking-apa-saja/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *