Pelatihan Hari ke Dua, Tim Program Padi Membahas Teknik Fasilitasi

Very Yudha, Salah Satu Fasilitator Lapang, Sedang Mengawal Forum dengan Tema Ice Breaking.

Hari ke dua Pelatihan Peningkatan Kapasitas Fasilitator berfokus pada pembahasan seputar teknik fasilitasi forum. Aris Fahmi, salah satu fasilitator lapang dalam program Pendidikan Agribisnis Desa Inovatif (Padi) mendapat tugas untuk membuka sekaligus memandu sesi pertama pada hari ke dua tersebut.

Pada sesi pertama tersebut, Aris Fahmi menggali pandangan tentang apa yang disebut dengan fasilitator dari seluruh peserta forum. Ia kemudian menyimpulkan bahwa fasilitator adalah orang yang bertugas untuk menggali informasi dan menemai untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan apa yang ditargetkan oleh fasilitator itu sendiri.

“Fasilitasi itu adalah proses mempermudah pencapaian tujuan atau bisa diartikan bahwa fasilitasi adalah melayani, memperlancar satu kegiatan untuk mecapai tujuan. Nilai-nilai dalam memfasiliatasi itu sendiri yang pertama demokrasi, tanggung jawab, kerajasma, kejujuuran dan keempat adalah kesamaan drajat, tidak ada diskriminasi,” papar pria yang akrab disapa Janoko tersebut.

Acara kemudian berlanjut dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh Very Yudha yang juga merupakan salah satu fasilitator lapang program Padi. Gelak tawa terdengar pada sesi ini. Very mampu menyegarkan dan memecah keheningan forum dengan permainan-permainan yang dibawakan olehnya. Di akhir sesinya, Very kemudian memberikan sebuah penjelasan mengenai apa itu proses ice breaking.

“Ice breaking itu untuk menyelipi forum yang kurang kondusif, tidak konsentrasi atau bahkan tidur saat forum dengan permainan kecil atau humor. Tujuannya agar peserta tetap nyaman berada di dalam forum,” papar pria lulusan Ilmu Politik ini.

Setelah membahas mengenai ice breaking, forum kemudian berlanjut dengan pembahasan mengenai komunikasi. Sesi ini dipimpin oleh Fahrul Ulum. Ia mengawali sesinya dengan game tentang komunikasi. Setelah sesi ini, Tri Wahyu Utomo, fasilitator lainnya mendapat giliran untuk mengawal diskusi mengenai tema mengelola dinamika forum. Sesi yang dipimpin oleh Tri ini sekaligus mengakhiri serangkaian acara pada hari ke dua. [Nasrun]

Detail Informasi Kegiatan:
Judul Kegiatan: Peningkatan Kapasitas Fasilitator Lapang.
Waktu: 8-10 Desember 2016.
Tempat: Hotel Tidar, Malang.
Peserta: Ketua Averroes, Sekretaris Averroes, Konsultan Program, Program Manager PADI, Staf Keuangan PADI, Staf Administrasi PADI, Staf Manajemen Pengetahuan PADI, Koordinator Fasilitator PADI,  Fasilitator Lapang PADI, Staf Teknologi Informasi PADI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *